Info KIR

Tahukah Sobat Anda? Kini Truk Wajib Memiliki Sticker Reflector / Pemantul Cahaya

Selama ini, Sobat Anda mungkin sering melihat berbagai jenis modifikasi atau penempelan aksesoris di truk Mitsubishi Fuso. Modifikasi bisa meliputi penggunaan cutting sticker sampai mengecat badan karoseri truk agar terlihat lebih mencolok. Tapi, tahukah Anda kalau ada sticker atau aksesoris yang wajib dimiliki oleh truk? Ya, sticker tersebut adalah sticker reflector atau sticker yang bisa memantulkan cahaya.

 

Dalam rangka menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya, Kementerian Perhubungan kini mewajibkan truk untuk memasang sticker reflector. Sticker reflector berguna sebagai pemantul cahaya di badan truk. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.SK 5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan pada Kendaraan Bemotor, Kereta Gandegan dan Kereta Tempelan.

 

Di peraturan tersebut Sticker reflector / pemantul cahaya harus terpasang pada kendaraan yang memiliki Jumlah Berat Bruto (JBB) lebih dari 7500 kg. Sementara itu, warna dan ukuran sticker reflector yang digunakan harus didasarkan oleh ketentuan sebagai berikut :

1. Merah

Sticker reflector / pemantul cahaya warna merah digunakan di bagian belakang kendaraan. Ketentuannya, sticker setidaknya memiliki lebar 600 mm dan tinggi 50 mm. Warna merah digunakan sebagai simbol jaga jarak bagi kendaraan yang ada di belakang.

2. Kuning

Warna kuning pada sticker reflector / pemantul cahaya ditempel pada bagian samping mobil bus dan mobil barang. Ketentuan ukuran sticker reflector warna kuning yakni dengan lebar 600 mm dengan tinggi 50 mm.

3. Putih

Sticker reflector / pemantul cahaya dengan warna putih ditempel pada bagian depan kereta gandengan dan kereta tempelan. Ketentuan ukuran sticker ini yakni 600 mm pada bagian lebarnya dan 50 mm untuk ketinggiannya.